Persiapan Pergi ke Perancis

Apa yang Harus di Persiapkan

Untuk pembaca yang baru pertama kali ke Prancis, penulis akan coba menjelaskan apa saja yang harus dipersiapkan untuk berkunjung ke Prancis.

Tiket

Banyak maskapai penerbangan yang menuju Prancis, sebut aja KLM/Air France, Emirates, Qatar Airways, Lufthansa, Etihad, dan beberapa lainnya. Sebaiknya pembaca berlangganan newsletter masing-masing maskapai sehingga bisa mendapatkan informasi terkini jika mereka memberika tiket promo. Pembaca juga bisa membandingkan harga tiket dari masing-masing maskapai melalui situs-situs pembanding harga seperti http://www.skyscanner.com. Rata-rata harga tiket ke Paris adalah US$ 1000-1200 dengan lama perjalanan sekitar 17 jam dengan satu-dua kali transit.

Hotel

Prancis menawarkan banyak pilihan hotel, mulai dari kelas backpacker sampai kelas eksekutif.

Beberapa situs yang bisa menjadi acuan untuk memilih tempat menginap adalah booking.com, agoda.com , hostel.com , atau airbnb.com

Rekomendasi hotel akan penulis bahas sesuai kota yang akan dikunjungi. Jika budget pembaca pas-pasan, hostel adalah pilihan terbaik. Jika budget pembaca masih mencukupi, cobalah pilih hotel yang tidak terlalu di pinggiran kota. Penulis suka memilih hotel yang dengan dengan stasiun kereta karena biasanya transportasi alternatif untuk mengekpolorasi kota lebih mudah ditemui.

Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan wajib dimiliki pada saat pembaca berkunjung ke negara-negara Schengen. Pembaca dapat membelinya di travel agent atau situs perusahaan asuransi. Pastikan asuransi yang dipilih memberi tanggungan minimum sebesar EUR 30.000. Asuransi harus mencakup biaya medis darurat, perawatan rumah sakit darurat serta pemulangan karena alasan medis.

Situs TLS Contact yang mengelola pengajuan visa Schengen kedutaan Prancis di Indonesia memberikan daftar perusahaan asuransi yang diterima untuk pengajuan visa Schengen, diantaranya:

Pembaca juga dapat membeli asuransi perjalanan di situs seperti:

Visa

etats-schengen-visa.jpgSetelah membeli tiket, hotel dan asuransi, saatnya mengajukan visa. Untuk mengunjungi Prancis, pembaca harus mengajukan visa Schengen dari Kedutaan Besar Prancis. Jika pembaca akan mengunjungi lebih dari satu negara anggota Schengen, pengajuan visa bisa lewat kedutaan negara ybs. Pengurusan Visa Schengen melalui kedutaan besar Prancis ditangani oleh pihak ketiga yakni TLS Contact.

Untuk pengajuannya pembaca harus mengunjungi situs berikut ini :

https://www.tlscontact.com/id2fr

Pembaca dapat membaca dengan lebih detail persyaratan untuk membuat visa Schengen di situs tersebut. Sebagai gambaran, dokumen-dokumen yang diperlukan untuk tujuan wisata adalah sbb:

  • Formulir permohonan Schengen (diunduh dari situs)
  • 2 lembar foto yang sama dan baru. Ukuran 3.5cm x 4.5cm, foto berwarna dengan latar belakang putih, diambil dalam 6 bulan terakhir
  • Tiket perjalanan pulang pergi dari Indonesia (Fotokopi)
  • Asuransi perjalanan (Asli. Jika pembaca membeli online, print polis yang diberikan)

Asuransi perjalanan dengan tanggungan minimum sebesar EUR 30.000. Asuransi harus mencakup biaya medis darurat, perawatan rumah sakit darurat serta pemulangan karena alasan medis.

Sertifikat asuransi harus mencantumkan “ Schengen” atau “ Worldwide” sebagai wilayah cakupan asuransi anda untuk mengajukan visa jangka pendek/berlaku di Prancis jika mengajukan visa jangka panjang/Berlaku diwilayah DROM/CTOM jika mengajukan visa daerah luar pulau Prancis.

  • Asuransi perjalanan (Fotokopi)
  • Laporan bank dari pemohon yang mencakup tiga bulan terakhir (Asli)
  • Sertifikat kerja (Asli, dalam bahasa Inggris atau Prancis)

Sertifikat asli dari perusahaan yang menyatakan nama dan jabatan pelamar, tanggal mulai kerja, gaji, ijin absen, dan pihak yang bertanggung jawab atas pengeluaran selama perjalanan. Dalam dokumen harus tertera alamat, nomor telepon dan fax perusahaan, cap perusahaan, dan tanda tangan yang mengeluarkan sertifikat ini.

  • 3 slip gaji terakhir (Fotokopi)
  • 3 slip gaji terakhir (Terjemahan, jika bukan dalam bahasa Inggris atau Perancis
  • Kartu keluarga dan tempat tinggal yang terdaftar (Fotokopi)
  • Paspor (Asli)
  • Paspor (Fotokopi)
  • Paspor lama (Asli)
  • Paspor lama (Fotokopi

Aplikasi Smartphone

Yang ini memang tidak wajib, tapi sangat disarankan. Ada beberapa aplikasi smartphone yang akan membantu pembaca dalam melakukan perjalanan ke Prancis (ataupun negara-negara lain).

  1. Tripit dari tripit.com – Tripit akan menyimpan informasi jadwal penerbangan, jadwal kereta, kode booking hotel yang sudah kita pesan. Caranya mudah, kirimkan e-mail itenarary dari maskapai yang kita gunakan, konfirmasi booking hotel, dan dokumen perjalanan lainnya ke trip@tripit.com. Secara otomatis aplikasi tripit akan menyimpannya dan mengurutkan berdasarkan tanggal.
  2. Google Map.
  3. Google Drive. Untuk dokumen-dokumen penting seperti paspor, pindai lalu unggah ke akun Google Drive. Pembaca mungkin akan membutuhkannya pada suatu saat nanti.

[bersambung]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s