Nissan March : Nyaman dan Stabil Dikendarai

Tulisan ini adalah bagian dari kampanye “7 Days with March” yang diadakan oleh Nissan Motor Indonesia (NMI) dimana penulis menjadi salah satu peserta. Yang ditulis di blog ini adalah pendapat pribadi dengan penilaian seobyektif mungkin setelah penulis menggunakan Nissan March.

I

Hari Minggu, 11 September 2011, adalah hari pertama saya benar-benar menjajal Nissan March setelah diambil dari dealer Nissan di jalan MT Haryono sehari sebelumnya. Kebetulan saya dapat yang transmisi automatic. Rasanya cocok untuk perjalanan dalam kota Jakarta yang penuh kemacetan. Tapi mumpung hari minggu, saya ingin mencoba March di jalur luar kota, alias dari tol ke tol, tepatnya dari tol Bintaro ke tol Jagorawi untuk merasakan kenyamanan dan kestabilan March pada kecepatan tinggi.

Dua minggu lalu saya sempat merasakan Suzuki Splash milik adik saya untuk perjalanan sekitar 52 km dari Kuningan ke Cirebon (pp). Jadi mumpung pengalaman ber-Splash masih nempel di kepala, saya ingin membandingkannya dengan March. Selain itu, saya juga ingin membandingkan dengan Toyota Yaris saya pakai selama setahun terakhir ini.

Setelah mobil dicuci cepat di tempat cuci mobil dekat rumah, berdua dengan istri, saya bergerak ke arah pintu tol Bintaro, untuk kemudian lanjut ke tol JORR dan Jagorawi. Jalan tol sampai pintu tol JORR ternyata cukup ramai jadi saya tidak bisa memacu kendaraan cukup kencang, rata-rata 60 km/jam. Pada kecepatan ini mobil nyaman untuk dikendarai. March terasa stabil pada saat manuver-manuver kecil ketika menyalip beberapa mobil di depan.

Selepas pintu tol JORR, saya bisa memacu kendaraan dengan lebih cepat. Kesan yang saya rasakan ketika mobil dipacu pada kecepatan 100 km/jam adalah mobil ini masih nyaman dan stabil. Jauh lebih stabil dibandingkan Suzuki Splash. Jika dibandingkan dengan Yaris pun, menurut saya March masih sedikit lebih stabil. Istri saya yang sehari-harinya menggunakan Yaris pun mengakui hal yang sama ketika dia saya berikan kesempatan untuk mencoba March dalam perjalanan pulang.

Berbeda dengan saat  menggunakan Splash atau Avanza (saya menggunakan Avanza dalam  6 tahun terakhir), menurut saya merasa March tidak terlalu limbung ketika disalip oleh mobil berukuran besar seperti bus atau truk. Tapi tetap harus diakui, March mengalami gejala limbung ketika dipacu lebih cepat lagi.

Salah satu penjelasan teknis yang diberikan oleh NMI pada saat technical briefing adalah karena atap March memiliki lekukan seperti boomerang yang bertujuan untuk mengurangi booming noise yang disebabkan oleh tiupan angin pada saat melaju pada kecepatan tinggi dan menambah kekuatan plat pada bagian atap mobil. Lekukan boomerang ini juga membantu menjaga kestabilan mobil pada saat melaju pada kecepatan tinggi.

http://www.alvolante.info/wp-content/uploads/av-d.jpg

March juga menggunakan suspensi depan independen (Mc Person Strut) yang dilengkapi dengan Torsion Beam pada bagian suspensi belakang, ditambah dengan tinggi suspensi yang 5 cm lebih tinggi dari March sebelumnya.  March juga sudah dilengkapi dengan EPS (Electronic Power Steering). Semua ini diyakini membuat March semakin nyaman dan stabil saat dikendarai terutama pada saat melakukan manuver (terutama di dalam kota) dengan bantingan-bantingan yang empuk.

oOo

Tulisan saya berikutnya adalah seputar interior dan exterior Nissan March, masih dengan perbandingan antara March, Yaris dan Splash.

Tulisan terkait :

Spesifikasi Nissan March

15 thoughts on “Nissan March : Nyaman dan Stabil Dikendarai

  1. sy kok cobain march diatas 90kpj kok ga stabil ya? malah sy cobain splash s/d130 kpj masih stabil. kalu avanza mah 90 kpj aja sdh mulai ngeri. website ini iklan yah march ya? sy baca2 review luar negri kok march(micra) SEMUA bilang kurang stabil Body Roll karena suspensinya gak cocok buat lari kenceng…

  2. JUnk blog black campaign, hati-hati jangan sampae ketepu sama niss#n. lihat sendiri hasil testnya:

    http://mobil.otomotifnet.com/read/2011/02/24/315858/47/6/Komparasi-BBM-Mobil-Hatchback-Manual-Dipirit-yang-Paling-Irit

    dari majalah autob*ld :

    NISSAN MARCH
    (+): Fitur lengkap, performa putaran bawah, kelegaan kabin
    (- ): Setir terlalu enteng, vibrasi mesin

    SUZUKI SPLASH
    (+): Handling, bantingan suspensi, tenaga mesin
    (- ): Minim fitur, hanya tersedia transmisimanual

    CHEVROLET SPARK
    (+): Model atraktif, kolom indikator, jok ergonomis
    (- ): Akurasi tuas transmisi, ban kurang proposional

    Percaya sama junk blog atau majalah otomotif nasional?

  3. Saya nyobain (dan sehari-hari pake) mobil lain juga koq (Splash dan Yaris). Masing2 punya kelebihan dan kekurangan.

  4. Saya pake Yaris setiap hari dan Splash selama 2 hari. Menurut saya, March masih jauh lebih stabil dari Yaris. Untuk Splash, bedanya masih tipis.

  5. gw sendiri selama ini pake splash,terus terang fitur emang minim,tp tenaga ga main2. beda bgt sama march matic punya mertua yg klo di gas lemooot bgt naiknya

    tp kestabilan emang march udh cukup oke.gw paling suka suasana hening di dlm kabin march.

    tp untuk splash juga ga sprti yg agan bilang 130 udh goyang,soalnya gw pernah bwa sampe 150an juga masih enak waktu baru (skrg udh pernah nabrak jd ga enak). mslh paling ga enak di splash itu klo lewat jalan rusak penumpang kyk dikocok2.dalam hal ini march jauh lebih unggul.

    oh iya suara mesin march kasar bgt,mungkin pengaruh dr mesin 3 silindernya kali ya

  6. The borrower’s creditworthiness is reviewed as well as ours when the Holocaust is the ultimate win-win situation for millions of people today. Also, they do not pay themselves with actual paychecks.

Leave a Reply

