…ya, saya ada di samping bapak…Hiiiii…..

Ini kejadian lama , sekitar tahun 1997/1998, waktu saya masih kerja di sebuah ISP (Internet Service Provider) . 1-2 tahun pertama dapat tugas jadi trainer dan technical support. Jadi technical support yang setiap hari menerima keluhan yang -rata2- sama membuat saya hapal apa langkah yang harus dilakukan jika, misalnya, internet pelanggan ngadat.

Suatu hari seorang bapak menghubungi saya lewat telpon dan bertanya kenapa dia tidak bisa bisa browse ke Internet walaupun modemnya sudah konek.

“Sudah coba matikan modemnya dulu, pak?”, tanya saya.  “Sudah,” jawabnya.

“Okay. Sekarang bapak klik tombol Start , lalu Setting, lalu Control Panel, lalu TCP/IP, lalu…lalu…,” bla..bla…bla… saya memberi instruksi sambil makan gorengan yang dibeliin teman. Setelah menunggu beberapa saat bapak itu berkata lagi “Sudah, pak. Sekarang apa?”

“Sekarang bapak klik tombol OK yang ada di bagian bawah.”

“Gak ada tombol “OK”-nya, pak,” kata si bapak menjelaskan.

Jika pengguna Windows menggunakan resolusi monitor yang terlalu kecil, biasanya tombol OK akan tertutup di bawah bar yang sejajar dengan tombol Start.

“Oooh… gini… Kursor bapak arahkan ke bar yang sejajar dengan tombol Start, lalu sambil tekan tombol mouse sebelah kiri, bar-nya bapak geser ke samping kiri atau kanan,” saya menjelaskan.

“Ooo iyaaa…ada mas. Koq mas tau aja tombol OK-nya sembunyi?” kata si bapak “Emang mas bisa liat saya, yaa???”, tambahnya lagi dengan intonasi suara yang bikin saya hampir mengeluarkan lagi gorengan yang udah masuk mulut.

Ada-ada aja si bapak.😀

Leave a Reply

