Yang gak gue suka dari BlackBerry Curve 8900 a.k.a Javelin

blackberry javelin
blackberry javelin

Setelah sekian bulan memaki-maki BlackBerry, akhirnya gue luluh juga untuk mencoba BlackBerry. Tawaran dari Nanda untuk sebuah BlackBerry Javelin dengan harga ‘cuma’ 5,5 juta ( 1 juta lebih rendah dari harga normal) menjadi alasan untuk mencoba.  Biaya Internet-an dengan E71 yang kadang menghabiskan dana lebih dari 200 ribu sebulan juga menjadi alasan utama, mengingat dengan BB cukup mengeluarkan 160 ribu (Indosat).

Atas saran teman, gue beli kartu baru untuk BB dan pilihan jatuh kepada Matrix. Setelah isi pulsa 50 ribu untuk pemakaian selama 1 minggu dengan proses aktivasi yang relatif mudah, si BB siap digunakan.

Selama lima hari menggunakan, sebetulnya si BB ini cukup memuaskan gue. Ukurannya yang gak beda jauh dengan E71 (kecuali sedikit lebih tebal) cukup enak dalam genggaman. Kamera 3,2 MP-nya lebih bagus dari E71 untuk pemotretan malam hari.

However, sesuai judul gue akan menulis apa-apa yang gue gak suka dari BB. So, listnya mungkin akan bertambah panjang (atau mungkin juga tidak) :

1. Dengan pemakaian yang sama dengan E71, konsumsi baterai BB lebih boros.  Semisal kemarin malam : BB gue charge jam 11 malam tapi karena (mungkin) pemakaiannya cukup intense, jam 9 malam baterainya tinggal 1 bar. Ya, masih bisa diperdebatkan, memang…😀

2.  “Copot baterainya”.  Itu kata pacar gue waktu gue gak bisa kirim message lewat BBM. Heh? koq gitu caranya? tapi setelah dicoba memang begitu kenyataannya. Duuh…ribet, yak?

Dah, sementara 2 dulu. Ntar kalo ada lagi pasti gue tulis🙂

Oiya, kalo pengen tau apa yang terjadi dengan E71 gue, ITC Fatmawati masih mau menerima dengan harga 3,5 juta :)  “Ada lecet nih, mas.. dan gak ada earphone-nya”,  kata si mas di sana … Ooookeeeehhh….😀

UPDATE – March 10, 2009

Yang gue gak suka:

3.  Gak otomatis bisa sinkron dengan Calendar di Outlook Express. Katanya sih masih harus kotak-katik BlackBerry Desktop Software-nya supaya bisa sinkron dengan Javelin (tanpa menggunakan kabel data – over wireless network).  Well, E71 dan e-mail push gratisan dari SEVEN (http://www.seven.com) bisa memberikan fitur ini dengan lebih cepat.

4. Kadang BlackBerry gue tidak dikenali oleh komputer pada saat mau disinkronisasi dengan kabel USB, terutama pada kali kedua. Jadi kalo pagi gue sinkron dengan komputer, lalu copot, nah pada saat kali kedua kabel USBnya dicolokin lagi komputer gak mengenali. Dunno why… (Update May 28,2009)

Untuk poin #2 di atas, informasi dari mas Yanuar di PC Media, masalah seperti itu bisa diatasi dengan software http://www.mobireach.com/upload/989/22989/QuickPull.jad

Yang gue suka:

1. Biaya komunikasi berbasis Internet jadi lebih terukur (160rb/bulan)

2. I like Voice Note, apalagi kalo lagi nyetir. Gak usah repot-repot ngetik sms

3. Posting and tagging photos in YouTube Facebook is a lot easier🙂 Dasar narsis!

Tambahan : 30 July 2009

Yang gue suka:

1.  Aplikasi UberTwitter-nya keren

2.  BBM versi 5 , walaupun banyak orang bilang bermasalah, menurut gue sebuah aplikasi yang sangat bagus. Fitur2nya lebih lengkap and user friendly

Tambahan, 5 Okt 09

Yang gue suka:

1. Sistem backup dan restorenya cukup impressive (baca posting “Gw Punya Dua BB”)

55 thoughts on “Yang gak gue suka dari BlackBerry Curve 8900 a.k.a Javelin

  1. wow javelin dengan harga 5,5 jt.. boleh tau ga beli dimana yaa? pingin bgt sm bb yg satu itu. hehe

  2. Dari temen, boss.. katanya dari temennya di Surabaya. Barangnya dah abis… Ratusan unit cuma 3 hari🙂

  3. sama seperti 3G, kualiatas akses tergantung kepada kualitas jaringan/sinyal di area kita menggunakan 2G, kepadatan pengguna pada saat itu,dls.
    sejauh ini kalau untuk browsing portal2 berita langganan sih gak masalah.

  4. salam kenal, saya mau share sedikit aja, sebenarnya ada layanan berlangganan internet untuk HP non-BB, yang punya kartu halo bisa langganan telkomflash dengan biaya 125rb / bulan unlimited, pro XL juga menyediakan XL data plan mulai dari 99ribu (limited to 250MB /bulan). Jadi pemakaian internet dan ber-push email bisa lebih nyaman tanpa perlu takut tagihan pulsa membengkak…
    Saya sendiri sampai saat ini belum tertarik pakai BB, dan pilihan jatuh ke nokia E71. Bukan berarti BB gak oke loh, tapi saya ngerasa kemampuan E71 juga sama handalnya, kalo BB bisa kirim2 foto lewat BBM, di E71 saya juga bisa kirim2 foto lewat e-buddy yang praktis. BB punya mobile upload untuk upload foto ke facebook, bisa diakali dengan menginstall aplikasi twitxr atau aplikasi lainnya. Dengan twitxr, bahkan foto yg kita ambil dari kamera HP bisa lgsung di post di facebook dan flicker sekaligus. Hmm apalagi? push email? sekarang layanan push email di nokia juga sudah nyaman dan membuka attachment bisa saya lakukan dengan mudah (apalagi dengan langganan internet – saya pake flash dari kartuhalo – semuanya mudah dan nyaman). Selain biaya internet lebih murah dari pada berlangganan blackberry, saya ngerasa koneksinya juga cepat (hanya bisa ditandingi oleh bold yang sudah 3G). Kelebihan lain, E71 secara look, memang megang bgt, materialnya berkualitas, berbeda dengan blackberry yang terasa ‘cheap’ karena berbahan plastik sehingga terasa over-price dengan uang yang harus kita keluarkan…

  5. @ trey

    Terimakasih atas informasi dan masukannya.
    Saya juga sempat menggunakan E71 dan sangat puas akan kemampuannya.
    Waktu pertama kali beli E71, saya ke operator (Telkomsel) untuk menanyakan apakah ada data plan untuk hp 3G seperti E71. Informasi yang mereka berikan adalah data plan berlaku apabila hp dibuat sebagai modem. Jadi kalo saya akses lewat hp charge yang berlaku adalah data akses biasa. Hal itu membuat biaya internet saya cukup tinggi, dan solusi BB terasa lebih meringankan🙂

  6. guys, gue pemakai htc touch diamond + matrix. Saat ini lagi dilema karena billing gprs gue sampe 176rb diluar call/sms. hiks..

    Niat mo ambil bb on demand..tp karena ada rule “Tarif BlackBerry on Demand tidak termasuk dalam tarif voice, SMS, MMS dan BlackBerry ataupun handset sebagai modem untuk PC atau laptop.”
    ..kyknya mikir2 lagi nih, soalnya gue sering “internet sharing” dari diamond ke laptop.

    ada masukan ga? trims ya..

  7. Hayooo…ada masukan buat teman kita ini.

    Saya sendiri tidak menggunakan BB sebagai modem jadi gak tau apakah paket 160rb/bulan dari Indosat berlaku untuk BB sebagai modem atau enggak. Ada yang pernah punya pengalaman?
    Kalau teman2 Vico banyak yang pakai BB, pasti otomatis biaya sms/call akan turun juga dibandingkan kalo masih pake HTC.

  8. io..
    BB mank maenan kLo eRor hRus matein totaL n cPot btRe na..
    kLo man d off in biasa jhaa ga ngaRuuh..
    ibarat na LapTop tuwh kya dRestart..
    ehehehe..

    ak jg bRu pke BB javeLin..^^
    tpi sjwh ne mseh ngRsa puas2 jha c..
    t’uTama d camera naa..
    okz bgd,,
    NaRsisMe Mode ON..
    wkwkwkwk..

    tdna jg dh kRacun pngen E71white..
    tpi ga tw np pas tmen bLg, BB iTuwh wt pLannig kdpan na Lbih mnjamin.. scPat kiLat ak Lngsung pLih BB javeLin..^^

  9. hai salam kenal,

    Gw lagi bingung nih beli BB Javelin/ Bold atau E71?
    Sekarang gw dh pny Modem Flash dan katanya SimCardnya bs dipake ke E71. Sedangkan gw dpt tawarn BB javelin 4,2jt ajah sdh garansi 1th & Dijamin Ori s’cr tmn kntr gw sndr yg dh beli tp yg bold harga 5jt.
    Mungkin ada yg bisa kasih pendapat?

    Thanks for your kind advice.

  10. wah seru banget baca-baca artikel kaya begini,,hehe
    abisnya saya bingung mau bb javeline apa e71,,,

    mau tanya nihh..
    kalo dipersentasein e71 brp persen n javelin brapa persen mengenai ke gunaannya, soalnya bnyk yang bilang javeline itu useless…

  11. Oh begitu yea, makasih info’a

    Tp sy masih ragu sama 2G’a javeline. Menghambat banget gag sih? Apalagi buat sy yg aktif banget buka facebook dan chatingan.

  12. Ya, 2G emang masih kalah cepet lah dari 3G tapi kalau buat email,FB dan chatting sih OK lah…😀

  13. hheehe,,sebelumnya maap nih nanya mulu…
    pertanyaan terakhir dari saya sebelum saya membeli BB javeline

    mengenai microsoft ex: word,powerpoint, etc di BB javeline udah memadai lum buat edit file n creating new file? soalnya itu paling penting buat saya.
    trus kalo ada saran, sebaiknya menggunakan operator apa ya untuk javelin supaya bisa terus terkoneksi dengan biaya bulanan yang paling murah???

    makasih nih sebelumnya!

  14. Javelin udah ada Office tapi untuk view aja, kalau mau edit (atau buat file word baru) harus pake/beli yang premium

    Yang bagus? hmmm.. yang mahal banyak, yang bagus cuma Hit (halaaggh, ga nyambung😛

    Kayaknya operator untuk BB gak ada yang bener2 handal, mas.. Ada aja kekurangannya. Saya pake Indosat, so far sih ok aja. Yang saya suka dari Indosat karena ada layanan counter 24 jam, jadi kalo ada apa2 (dan mentok gak tau harus diapain lagi) masih bisa datengin counternya (Jakarta). Biaya untuk yang bulanan lebih murah 20 ribu dari Telkomsel. Kalau XL malah bisa bayar yang harian.

  15. Uwaw masa operator = obat nyamuk
    Hahaha

    Yah gag asik nih, masa harus beli dulu c.
    Brapa ea?
    Pasti mahal.

    Temen saya ada yg nawarin bold 5jt. Tapi sayang’a budget hanya bisa untuk javelin. Ya sudahlah thanks atas semua info’a.

    Tp k0k lum nulis2 lagi c tentang bb javelin’a!

  16. kira-kira antara javelin sama e71 mana ya yang ga basi-basi?
    saya bingung banget nih milih antara e71 dan javelin, apalagi setelah harga e71 turun banyak ( i’m not sure whether it’s a good sign or bad), meskipun tertolong banget setelah baca review dan comment di atas. 🙂
    please please respon

  17. Kalau punya banyak temen yang pake BB, mendingan beli BB karena biaya komunikasi jadi lebih hemat, beneran.

  18. Saya ditawari bold 5 juta, javelin 4,5 juta, n storm 4,6 juta.

    Jadi bingung pilih mana?
    Ada masukan gag?
    Yg jelas kalo storm ‘nehi mohabatein’ c0z gag terasa blackberry’a.

  19. Ehmmmmm pasaran BB jave skgr brapa ci?????????
    Dilema ni mw beli Jave or Bold? Kata tmen2 masih oke fitur n kamera yang jave. Bold cuma menang nama n bentuknya aja. Bener gx ci??????

  20. duh.. gw lagi bingung nih, skrg ini gw udah pake E71 selama 6 bulan dan pake telkomsel flash. trs banyakan temen2 gw pake BB. pengen ganti BB Javelin tapi takut nyesel.. gw masih pengen pake E71 karena sama aplikasi MSDict (crack) udah bermacam2 kamus terutama bhs Jepang yg sering dipake.. dan klo ganti BB, aplikasi yg di crack ngga ada ya? dan ngga sebanyak E71..

  21. Gimana caranya install ebuddy ke bb 8900 klo bisa url nya yang bisa lngsung digunain. Ato ada alternatif lain buat multichat selain ebuddy. Thanks bro!!

  22. Mo tny,,, ktny trackball bb srg nge-hang? Bener ga? Trus Klo d yogya service bb yg terpercaya dmana? Thanx yaa…

  23. Apakah tangannya sering berkeringat,mas?
    Yang saya denger kalo tangannya basah waktu pake BB suka bikin hang.

    Temen2 lain ada yang tahu tempat service BB di Jogja? Mohon bagi-bagi informasi…

  24. Slm knal. Saya udh 3 bulan pke javelin, saya mau tanya apa ada aplikasi word, exel ect! Kalu ada saya mnta bantuannya saya harus install dimana?! Trms.

  25. mau tanya deh, BB curve 8320 bagus gg?. lagi dilema nih antara BB sama nokiaa, tp sjauh ini banyak tmen gw yg ngeluh. katanya pake bb inilah-gitulah. bingung nh, tolong yaa masukanny.. makasih😀

  26. Defaultnya ada aplikasi Document Viewer untuk Word, Excel dan Powerpoint. Kalau mau edit file2 tsb, harus beli yang versi Premiumnya. Coba liat di folder Application, deh. Aplikasinya ada di situ.

  27. So far pake jave dr bulan maret 09 puaazz bangetz!! Fun always. Apalagi byk temen pake BB jd lebih asyik n hemat pake BBM tali silaturahmi jd nyambung trus, bs krm pic n cerita lucu. Utk FB n browsing internet juga cepet n simple. Poko’e cinte sm jave deech..🙂

  28. Mas dedenph..
    Sebelum saya beli si Jave, saya mau nanya2 dulu nih:
    -Aplikasi premium yg bisa buat ngedit & make a new doc. tu download nya dimana yah??
    Ribet nggak instalasi nya??
    Bayar berapa atuh mas??
    -Trus kalo liat foto2 di galeri Jave, bisa langsung geser trackball nya untuk foto2 berikutnya atau harus back dulu baru liat lagi??
    Hatur nuhun so much yo mas sebelumnya..🙂

  29. Hi Nisa,

    – Aplikasi premium untuk edit doc bisa didownload dari BlackBerry App World yang ada di BB kita. Instalasinya gak ribet. Harganya sekitar US$30, kalo gak salah
    – Kalau pake OS terbaru bisa cuma geser trackball.

    Semoga bermanfaat…

  30. Pgn nanya ni ..javelinku kalo wat update fb kok g ada tlsny melalui blackberry gt. Solusinya apa sob ?

  31. Gan. Bisa jelasin gak tentang fitur2 yg ada di BB 8900 thu, dan kalau max jaringannya bisa 3G pha yg lain, …..

  32. Harga Javelin sekarang 1 sampai 1,2jutaan.
    Jaringan Maksimal 2G saja..dengan EDGE maks.265.8kbps
    Lumayan cepet pakai 2G untuk sekarang ini… karena 2G jarang dipakai orang (semua pakai 3G, jadi jaringan 2G nganggur). Malah lebih lancar krn gak rebutan jaringan

Leave a Reply

