SMS ulang tahun dari operator

Kemarin saya menerima sebuah sms dari operator gsm yang saya gunakan, tepatnya dari kantor cabang/sales representative office mereka di bekasi, tempat saya tinggal.

Setelah lebih dari 8 tahun menggunakan kartu pasca bayar dari operator ini, seingat saya baru kali ini saya menerima sms seperti ini dari mereka, dan anehnya dikirimkan oleh kantor cabang mereka.  Isi smsnya? Ucapan selamat ulang tahun dari segenap management dan karyawan🙂

Sayangnya sms ini saya terima satu hari setelah hari ulang tahun saya, but it’s ok., better late than never… hehehehe.

Saya curiga smsnya dikirim secara manual oleh salah satu pegawainya, mungkin karena tanggal ulang tahun saya jatuh pada hari minggu sementara mungkin tidak ada yang masuk kantor pada hari itu.

Perasaan saya sebenarnya antara salut dan prihatin. Salut karena mereka masih ingat ulang tahun saya🙂, prihatin karena baru kali ini saya terima padahal tidaklah susah menurut saya untuk melakukan itu mengingat mereka punya semua data pribadi saya.

Saya tidak tahu aplikasi crm (customer relationship management) yang digunakan, tapi rasanya tidak sulit untuk menambahkan fitur kirim sms pada saat si pelanggan berulang tahun. Memperlakukan pelanggan secara lebih pribadi sudah banyak dibahas buku-buku marketing 101, dan kita semua tahu efeknya; mulai dari customer retention dan loyalty sampai mereka yang lalu menjadi agen virus getok tular produk kita.

Rumitkah melakukan seperti operator saya tadi,well.. tergantung…kalo customer kita ribuan dan anda punya database yang cukup lengkap, bisa dengan berinvestasi pada sebuah modem GSM (dan kartu prabayar) dan aplikasi yang secara rutin ‘membaca’ database pelanggan anda, lalu mengirimkan sms ucapan selamat ulang tahun, atau mungkin ulang tahun perkawinan.

Kalau pelanggan anda cuma puluhan / beberapa ratus, bisa minta sekretaris anda untuk memasukkan reminder ulang tahun mereka di microsoft outlook (atau software2 reminder lainnya). Tindakan setelah itu ya terserah kreativitas kita : kirim bunga, kirim kartu atau kirim sms seperti operator saya tadi.

Leave a Reply

