Gili Trawangan

Minggu lalu, dari hari Rabu sampai Jum’at , gue, bersama 3 teman : Feri, Reza dan Ezta ke Gili Trawangan  (GT) di Lombok.

Well, Reza dan Feri cuma merasakan beberapa jam saja karena mereka kudu ke Jakarta dan Bali keesokan harinya, sementara gue sampai Jumat dan Ezta bisa sampai hari Sabtu.

Gili Trawangan adalah satu dari 3 kumpulan pulau kecil yang ada di utara Lombok, 20 menit dengan menggunakan perahu boat. Selain Gili Trawangan, ada Gili Air dan Gili Meno. Gili Trawangan adalah pulau utama dan terbesar diantara 2 pulau lainnya. Yang ditawarkan oleh pulau-pulau ini yang memang wisata bahari, terutama snorkling dan diving.

Setiba di dermaga GT, kita nyari penginapan yang banyak tersedia. Harganya rata-rata diatas 150 rb. Kita dapat penginapan yang relatif baru, bersih, lengkap dengan AC dan sarapan, tapi tanpa air panas dan TV dengan harga 200rb/malam. Penjaganya, Made, cukup kooperatif membantu mencarikan segala kebutuhan kita.

Hari pertama diisi dengan snorkling. Kita nyewa kapal dengan biaya 250rb. Terhitung murah karena pasarannya di atas segitu. Yang menyewakan kapal juga berbaik hati mau jadi tour guide dengan menemani kita snorkling, sekalian jadi life guard. Tanpa harus naik kapal ke tengah laut sebetulnya kita bisa juga snorkling di pinggiran dengan ikan-ikan yang gak kalah indah, tapi memang terumbu karangnya gak seindah di tengah laut. Karena baru kali ini snorkling, takjub juga liat Nemo dan teman-temannya secara langsung.

Sorenya gue nyewa sepeda keliling pulau. Karena tidak ada kendaraan bermotor di pulau ini, kemana-mana naek sepeda atau andong. Sewa sepeda 25 rb/jam. Kalau seharian bisa 30rb (asal pinter nawar), ada juga yang 70rb. Pulau bisa dikelilingi dalam waktu 1 jam, termasuk berhenti beberapa kali untuk motret. Jalanan yang ditutupi pasir laut membuat kita beberapa kali harus menuntun sepedanya. Selain sepeda ada juga andong , atau bahasa lokalnya disebut Cidomo. Sewanya sekitar 70rb untuk 1 cidomo (muat 4 orang), keliling pulau.

Malammnya gue dan Ezta makan seafood di rumah-rumah makan yang ada di sepanjang pantai. Makan udang 4 ekor dan buffet utk nasi dan salad bisa ditebus dengan uang 100rb.

Langit cerah tanpa awan dan udara tanpa polusi membuat kita bisa melihat langit lengkap dengan bintang-bintangnya. It was beautiful. Selain di kampung gue di Kuningan, gak pernah liat langit begitu lapang dengan bintang.

Besoknya, agenda tetap sama, snorkling dan snorkling di tempat-tempat yang berbeda. Sempat liat ikan trumpet dan penyu. Kalau Ezta sempet liat ikan Padi yang katanya langka.

Kesialan gue di hari kedua adalah kita ke daerah penyelamanan yang ombaknya cukup gede dan karena belum terbiasa…mabuk laut deh. Semua yang ada di perut keluar semua… Arrgghh…

Malamnya, kita nyoba restoran seafood yang lain. Walaupun lebih enak dari sebelumnya, sambelnya gak berasa sambel sama sekali, mungkin karena disesuaikan dengan lidah dan perut para bule yang jadi 90% wisatawan yang datang. Tapi beneran, pas makan malam cuman gue dan Ezta yang orang lokal , selebihnya bule semua. Di malam sebelumnya, gue ketemu artis Tyas … (gue gak tau nama belakangnya).  Mungkin karena memang jarang ada turis lokal, beberapa orang yang kita ajak ngobrol selalu nyangka gue datang sama rombongan artis itu… halagh!

Hari Jum’at pagi, sehabis snorkling, gue berangkat ke Bali naek speed boat. Biayanya 660rb, dianterin sampai tujuan di Bali (gue ke Sanur). Untuk yang belum terbiasa dengan laut, mendingan naek pesawat aja dari Lombok, bayarnya 400rb.Perjalanan dari Trawangan ke Padang Bai sekitar 1:40min. Ombaknya sebetulnya gak gede-gede amat, tapi karena belum biasa, ya kayak tadi lagi… mabuk laut! Arrghhh..

Kesimpulan: kalo suka liburan yang butuh ketenangan, lupakan Bali! Pergi aja ke Gili Trawangan. Gue yakin lo gak akan nyesel.