Love,peace and beatboxing

Terus terang gw gak tau apa itu beatboxing sampai host dari acara pemutaran film dengan judul ‘Love, Peace and Beatboxing’ menjelaskan di pembukaan acara. Beatbox kalo diterjemahkan pake bahasa gue adalah membuat musik dengan mulut dengan cara menirukan alat musik atau suara-suara di alam.

Menurut si host tadi (mengutip dari film tersebut) beatbox adalah satu dari lima elemen hip hop lainnya , yakni DJ, MC, breakdance dan rap.

Film tadi diputar dalam rangka festival film eropa dan diputar di Goethe Haus. Yang menarik dari acara pemutaran film itu adalah kehadiran Mando, juara beatboxing di Jerman 2 kali berturut-turut  yang merupakan sentral film dokumentasi itu. Mando mendemonstrasikan kemampuan beatboxingnya yang bikin penonton menggoyang-goyangkan kepala dan terkagum-kagum akan efek suara yang bisa dihasilkan.

Mando juga sempat ber-jam session dengan 3 beatboxer Indonesia yang hadir : Indra Azis (yang juga sutradara film Jakarta City Blues), Billy dan Tito. Acung jempol buat beatboxer indonesia, terutama Tito yang punya efek suara dan kemampuan yang juga bagus.

Filmnya sendiri adalah film dokumenter ttg beatboxing di jerman. Beberapa beatboxer Jerman spt Bee Low, Mando, 4xsamples, dls menceritakan kenapa mereka memilih jalur ini. Ditampilkan juga persiapan beberapa beatboxer menjelang kejuaran beatboxing yang rutin dilakukan di Jerman selama 5 tahun terakhir . Para beatboxer juga unjuk kebolehan di film dengan durasi 75 menit itu.

Jika tertarik ingin nntn, masih ada satu kali lagi pemutaran di Erasmus Huis tgl 30 Oct

Selesai menonton, terus terang ada satu pertanyaan yang gak sempat gw tanya ke Mando soal apakah dia rutin cek pita suaranya ke dokter.:)

Versi lengkap jam session pertama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s