LP

Masih dari mudik kemarin.

Hari ke 4 Idul Fitri.

Sambil jalan-jalan ke stasiun bis di Kuningan untuk melaporkan kondisi arus balik untuk sebuah stasiun radio di Jakarta, saya dan seorang kerabat yang menyupiri mobil mencari tempat cuci mobil di pusat kota Kuningan. Setelah menyambangi 2 tempat cuci mobil yang semuanya rame, kami menemukan sebuah tempat cuci mobil yang sepi, di samping lembaga pemasyarakatan Kuningan.

Agak kaget juga memasuki pelataran tempat cuci karena yang menyambut kami adalah seorang petugas -bak polisi- dengan seragam dinasnya. “Jadi satpam atau pekerjaan sampingan?,” pikir saya.

Setelah keluar dari mobil, si petugas kemudian mengambil alih kemudi dan menempatkan mobil pada posisi dan lokasi untuk dicuci. Tak lama kemudian, dua orang dengan seragam mekanik mulai menyemprot, menggosok dan membilas mobil saya sampai bersih.

Untuk urusan vacuum dan finishing , si petugas -bak polisi tadi- , bahkan dengan satu orang petugas lain, juga ikut membantu. Ketika diperhatikan dari dekat ternyata dia adalah pegawai Lembaga Pemasyarakatan seperti yang terdapat pada emblem di baju dinasnya.  Saya langsung mikir bahwa tempat cuci mobil ini adalah -mungkin- salah satu unit bisnis LP Kuningan.

Setelah hampir 30 menit, pekerjaan cuci mobil selesai; dan dalam perjalanan pulang saya sempat mengkonfirmasi pada saudara saya “Itu tadi bisnis sampingannya LP, ya?”

“Iya,” jawab kerabat saya “yang cuci mobil juga narapidana, koq…”

Hehhhh?????

Ternyata, narapidana-narapidana yang hampir ‘lulus’ diperbantukan untuk bekerja di tempat cuci mobil itu dan gajinya dibayarkan ketika mereka sudah bebas dari sana.

 Oooohhh… Pinter juga….

5 thoughts on “LP

  1. halah den…lo udah cek belum tuh barang2 di mobil lo masih lengkap gak? jangan-jangan jadi buah tangan si tukang cuci mobil tuh..hihihiii…radio apa yag lo laporin

  2. wah saya gak jadi mudik ke ciwaru kang. akhirnya di jakarta ajah :((
    eh iyak… maap lahir batin yak
    kapan halal bi halal elinux + yala?

  3. bused. gw mah serem ah. hiyyyyy….

    btw, gimana ceritanya worpress bisa tau email & blog gw ya?!?!?! udah otomatis keisi gitu di sini?!?!?! kerennnnnn….

Leave a Reply

